Rutin Olahraga Ringan Dapat Bantu Cegah Kematian Dini

Agar tubuh menjadi bugar dan sehat, kita disarankan untuk aktif bergerak minimal 30 menit setiap hari. Namun, mungkin kurang dari setengah orang dewasa memang, terutama mereka yang sudah tua.

Sebuah studi cara meninggikan badan terbaru yang dipublikasikan di British Journal of Sports Medicine menunjukkan bahwa ada cara untuk melakukannya sehingga orang yang sudah tua masih dapat berolahraga secara teratur demi kesehatan.

Para peneliti melihat 1.180 pria dengan usia rata-rata 78 yang setuju untuk menggunakan gerakan mereka selama tujuh hari.

Ternyata, responden dalam penelitian selama 5 tahun tidak membutuhkan latihan jangka panjang untuk merasakan manfaat positifnya.

Latihan yang dilakukan setiap hari, meski hanya dilakukan selama 10 menit, memiliki manfaat yang baik untuk harapan hidup, seperti halnya dengan durasi latihan yang lebih lama.

Cara ini lebih cocok untuk pria. Sampai 66 persen pria dalam penelitian dapat berolahraga secara teratur dalam seminggu jika mereka melakukannya dengan intensitas yang singkat.

Setiap 30 menit aktivitas berjemur, seperti berjalan atau bekerja di kebun, bisa mengurangi risiko kematian dini sebesar 17 persen.

Aktivitas fisik dengan intensitas sedang hingga tinggi memiliki hubungan yang lebih dekat dengan umur panjang. Melakukan aktivitas ini selama 30 menit bisa mengurangi risiko kematian dini hingga 33 persen.

Namun menurut peneliti, fakta bahwa olahraga ringan tetap bisa memberikan manfaat umur panjang itu penting.

Namun, manfaat lari pagi berolahraga hanya selama beberapa menit saja, meski olahraga ringan, bisa mengurangi risiko kematian dini pada pria yang lebih tua.

Komentar