6 Makanan Berkabohidrat Ini Cocok Untuk Kamu yang Lagi Diet

Banyak yang menganggap bahwa makanan yang kaya karbohidrat adalah salah satu penyebab kenaikan berat badan. Jadi tidak sedikit orang mencoba mengurangi asupan asupan karbohidrat seperti nasi ketika mereka melakukan program diet.

Bahkan, tidak mengherankan jika Anda menganggap bahwa sisa karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan disimpan dalam bentuk cadangan lemak di tubuh. Meskipun sebagian besar karbohidrat akan diubah menjadi energi.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, pasalnya ternyata ada crystal x beberapa makanan tinggi karbohidrat yang sama sekali tidak membuat berat badan mereka begitu cepat. Jenis makanan ini adalah makanan yang mengandung pati tahan terhadap karbohidrat. Pati resisten itu sendiri adalah jenis karbohidrat kompleks yang tidak bisa dicerna oleh usus.

Apa saja makanan ini? Berikut ini 6 makanan tinggi karbohidrat yang tidak akan menambah berat badan Anda yang cepat, seperti dilansir hellosehat.com brilio.net, pada Senin (23/4).

1. Oatmeal

Oat atau bubur adalah jenis makanan dengan kandungan pati yang baik yang tahan terhadap karbohidrat. Pada 100 gram, porsi oatmeal standar mengandung sekitar 3,6 gram pati resisten, sedangkan untuk jenis gandum yang digiling dapat mengandung pati resisten hingga 11,3 gram dalam porsi 100 gram.

2. Beras merah

Dalam 200 gram beras dingin yang terbuat dari beras merah dapat mengandung hingga 3 gram pati resisten. Tidak hanya itu, beras merah juga kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu dalam proses solusi energi di dalam tubuh.

3. Kenari

Beberapa jenis kacang yang kaya kandungan pati resisten adalah kacang hijau, kacang putih, lentil, kacang polong, kacang dan kacang merah. Untuk setiap 100 gram kacang ini dapat mengandung 1-4 gram pati resisten, tergantung pada jenis kacang.

4. Paus

Kentang adalah makanan dengan sumber tepung yang tahan terhadap karbohidrat. Selain karbohidrat, kentang juga kaya nutrisi lain seperti potasium dan vitamin C untuk menjaga ketahanan. Nah, untuk meningkatkan kandungan pati resisten di kentang, Anda harus terlebih dahulu mendinginkan kentang rebus.

5. Pisang hijau.

Buah ini dikenal sebagai makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Namun, untuk tingkat karbohidrat, pati resisten paling sering ditemukan pada pisang hijau, juga dikenal sebagai pisang, yang kematangannya tidak sempurna. Menurut laporan British Nutrition Foundation, setiap 100 gram pisang hijau mengandung 6,8 gram pati resisten, sementara hanya 0,98 gram pisang kuning saja.

6. Tepung jagung.

Tepung jagung terbuat dari butir jagung yang sebelumnya dikeringkan dan digiling untuk melembutkan. Untuk meningkatkan kandungan pati resisten, Anda dapat menambahkan 1 sendok makan tepung jagung murni dalam yogurt atau oatmeal dingin. Tidak hanya mengandung pati resisten, pati jagung juga dapat membantu menstabilkan gula darah.

Komentar