Waspada! Kelebihan Vitamin C Berisiko Picu Batu Ginjal

Kelebihan vitamin C bukannya sehat, bahkan buruk bagi kesehatan. Salah satu yang harus diperhatikan adalah risiko batu ginjal.

"Penyebab batu ginjal mungkin juga karena mayoritas vitamin C," kata Rachel Olsen, spesialis nutrisi di Youvit for Life, kepada Healthcare Liputan6.com dalam perjalanannya ke SCTV Tower pada Selasa, 22 Mei 2018.

Menurut Rachel, tubuh kita hanya bisa menyerap vitamin C pada 90 miligram. Ketika lebih dari 2.000 miligram, vitamin C yang masuk ke dalam tubuh diproses sebagai kalsium oksalat, yang bila dikombinasikan dengan mineral lain dapat diubah menjadi kristal dan menghasilkan batu ginjal.

"Saya punya pasien di pagi hari dan di malam hari minum vitamin C. Dia berpikir bahwa semakin banyak, semakin baik, ketika dia meninjau, dia menerima batu ginjal," kata Rachel.

Karena itu, Rachel, yang mengambil pendidikan gizi di Kopenhagen, Denmark, menyarankan, untuk rajin melihat jumlah vitamin C dari suplemen yang akan kita minum.

Karena, tanpa kita sadari, tubuh telah menerima asupan vitamin C dari makanan yang kita makan setiap hari. Dan suplemen berfungsi sebagai suplemen untuk kebutuhan vitamin.

"Vitamin C ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran, jika kita makan cukup buah dan sayuran setiap hari, seperti pepaya, jeruk, jambu biji, vitamin yang cukup (tetapi dalam kenyataannya), tetapi (apa buah dan sayuran) yang Anda proses?" katanya.

Vitamin C dengan kandungan pisang tinggi

Pisang, misalnya. jual crystal x Vitamin C dalam buah putih dan kulit kuning sangat tinggi setelah panen. Namun, secara umum, buah tidak langsung dimakan setelah panen, tetapi dikemas dan dibawa ke pasar yang jauh. Artinya pisang tidak diterima langsung oleh konsumen untuk dikonsumsi langsung.

"Itu harus disimpan dulu, dibawa dengan truk, dibawa ke supermarket, dan beberapa sudah dipotong-potong," kata Rachel.

Menurut Rachel, ketika vitamin terpapar paparan oksigen, asupan vitamin juga akan berkurang. Itu sebabnya kami masih membutuhkan suplemen vitamin C, seperti YouVit.

"Dosis (vitamin C) sedikit di YouVit, tidak terlalu banyak," katanya.

Rachel, menekankan, mencoba untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi vitamin C, terutama jika tidak disertai dengan banyak minum air, "(dikhawatirkan) dapat membahayakan ginjal."

Komentar